Jumat, 17 April 2020

, ,

Intuition of Love

Hari demi hari kujalani sepenuh hati. Aku gembira dengan kenyataan yang membawaku ke tempat ini. Tempat dimana sepanjang jalan aku hanya menemukan sekumpulan orang yang berkumpul tak jelas dengan alat musik masing-masing. Memperebutkan recehan yang orang lain lempar dan berikan cuma-cuma. Bahkan acapkali aku melihat persaingan tak sehat setiap harinya.
Tapi aku pertegas lagi, bahwa aku sangat menyukai tempat ini. Suara gesekkan biola dan petikkan gitar lebih baik daripada cacian. Wajah meminta belas kasih disinipun lebih indah dipandang ketimbang wajah manis mereka.
Disini semua berusaha semaksimal mungkin, tak ada yang mendapatkan segalanya dengan instan. Meski dikala logika meminta untuk kembali, aku tetap tak bisa. Apa daya jika hati memang sudah terluka. Bahkan pahitnya racun pun akan kalah rasanya jika dibandingkan dengan pahitnya kenyataan.
Ditempat sepi ini aku hanya memiliki gitar yang menjadi temanku. Pakaian kumal tanpa lengan, rambut yang sengaja kuurai, dan tak lupa jeans yang sudah tak layak pakai membuatku lebih pantas untuk disebut pengemis. 
Tak apa begini, meski penampilan tak menunjang yang penting bakatku sangatlah menunjang. Hah! Terdengar sombong sekali memang. Tapi itulah caraku menjadi kuat. Lebih baik aku dikatai sombong dan sok daripada harus dikasihani seperti orang-orang yang mengelilingiku.
Aku berjalan menyusuri gang kecil yang penuh genangan air dengan pikiran yang berkecamuk di setiap langkah. Dengan mengaitkan gitar pada pundak aku mulai meloncati genangan air itu secepat kilat. Aku tersenyum, jadi teringat masa lalu. Dulu ketika aku dan teman-teman melihat jalan yang seperti ini kami selalu menghina penduduknya yang bisa tahan dengan jalan seperti ini lalu memilih lewat jalan lain. Tapi itu dulu. Karena sekarang justru aku yang menjadi penduduk sini. Haaahh... permainan takdir.
"Aku pulang..." ucapku entah pada siapa. Lagi-lagi aku tersenyum, masih saja aku berhalusinasi tentang indahnya keluarga. Selanjutnya aku melangkahkan kakiku menuju dapur untuk meneguk segelas air, rasanya segar sekali. Aku lelah dan ingin sekali makan sesuatu, tapi aku tak bisa. Aku hanya punya gelas dengan air didalamnya saja.
TAP... TAP...
Aku mendengar langkah seseorang dalam kegelapan. Kuhampiri langkah itu dengan menajamkan indra pendengaranku untuk mengikuti asal suara. Disetiap detik aku melangkah suara langkah itupun kian mendekat. 
Aku berhenti untuk menajamkan telingaku, namun suara itupun hilang. Tak ada bayangan sama sekali dibelakangku saat kunyalakan saklar kamar, hanya ada diriku saat aku bercermin. Tapi aku mencium bau khas yang sudah kukenal belakangan hari ini tepat di belakang leherku.
"Ah! Kau. Kau membuatku kaget." ujarku pada sosok lelaki yang menggunakan pakaian tak jauh berbeda dariku saat ia meniup telingaku. Parasnya tampan dengan lesung pipi dan senyum hangatnya yang selalu ia tunjukkan hanya padaku.
"Kau pikir siapa? Apa ada orang lain yang kau tunggu?" tanyanya. Aku menggaruk tengkukku yang tak gatal, aku malu karena kebenaran yang ia ucapkan.
"Apa terlihat jelas, hah?" 
"Sangat." Jawabnya penuh penekanan. Aku membuang muka saat dirinya mulai menelisik setiap jengkal tubuhku. Dan aku tahu apa yang akan ia tanyakan lagi.
"Iya kau benar. Itu jawaban jika kau mengira aku lapar. Karena aku memang sangat lapar sekarang."
Aku tahu dan sudah hapal tabiatnya meski belum lama mengenal. Ia akan bertanya tentang hal yang sudah ia ketahui sebelumnya dan akan mengataiku pembohong jika aku tak berkata jujur. Harusnya dia tak usah bertanya jika sudah tau. 
Selalu saja begitu.
"Aku tahu apa yang kau pikirkan manis." Ujarnya tiba-tiba. Ya-ya dia memang selalu tahu.
"Kemari." ia menarik tanganku menuju sudut ruangan dirumahku. Ia mendudukkan dirinya dilantai dan tentunya menarikku untuk duduk disebelahnya.
 "Kau tahu?" itulah suara yang pertama kali ia ucapkan saat kami disini.
 "Dulu saat aku masih sepertimu aku juga pernah merasakannya. Saat aku lapar, ibu selalu melakukan ini padaku."
Tangannya perlahan menarik tubuhku kepelukannya kemudian meletakkan kepalaku dibawah dengan beralaskan pahanya. Jari-jari kekarnya mengusap lembut rambutku penuh perasaan. Sekarang, aku seolah ikut merasakan juga apa yang ia rasakan dulu.
"Aku tak tahu harus berlari kemana ketika semua orang justru memberiku kepedihan diatas senangku. Ibuku pergi tepat saat aku berhasil mewujudkan mimpiku yang selama ini ia dukung. Ibu pergi dan mengatakan sudah tak menyayangiku lagi, aku tak mengerti mengapa ibu melakukan itu. Tapi saat aku melihat ayah keluar sambil meneriakki ibu dengan sebutan yang sama sekali tak pantas didengar anak seusiaku saat itu, aku lalu mengerti. Ayah dan ibu bertengkar."
Aku bisa melihat dari bawah Adnan menarik nafasnya dalam-dalam saat menceritakannya padaku. Aku tertegun melihat raut wajahnya yang seperti menahan sedih mendalam.
"Kemudian aku pergi untuk mencari jalanku sendiri. Dengan modal kemampuanku dalam musik, aku berani turun kejalan untuk menjual suaraku pada mereka yang berlalu lalang sepanjang jalan. Mereka puas dan akupun mendapatkan receh dari mereka. Tapi... tak jarang aku kelaparan karena tak dapat uang. Haha... sama sepertimu sekarang." ucapnya seraya menertawaiku.
"Kau ini, senang sekali mengejekku!" aku mencubit pahanya dengan keras meski aku tahu ia tak akan merasakan sakit. Tapi setidaknya aku bisa menunjukkan padanya kalau aku marah. 
Kemudian Adnan terdiam. Aku bangun dari pangkuannya, mengusap kepalanya dan tersenyum saat Adnan menoleh padaku. "Kau tidak sendiri, aku bersamamu. Walaupun Ayah dan Ibumu meninggalkanmu, tapi aku tidak akan meninggalkanmu." ujarku.
"Dasar sok kuat. Aku tahu kau terharu dengan kisah yang ku karang tadi." ucapnya tanpa dosa. 
"Apa?!! Jadi cerita itu hanya-" belum sempat aku menuntaskan ucapanku, Adnan menatapku dengan tatapan yang sulit kuartikan. Seakan kisah tadi itu benar adanya, seakan semua yang ia ucapkan benar, seakan ia..... benar-benar merasakannya.
"Aku tak mengerti apa yang kalian pikirkan disaat seperti ini. Yang ku tahu hanyalah kehidupan yang tak kekal ini membuatku tersesat." dengan lembut aku menyentuh tangannya yang terasa dingin saat bersentuhan denganku. Ku sunggingkan senyum tulus untuk menjawab pertanyaannya selama ini.
"Boleh ku jawab pertanyaanmu?" tanyaku. Ia terperanjat dari lamunannya, iris kelamnya membesar tatkala aku menawarkan diri untuk menjawab.
"Aku mengerti sekarang. Kau ingin aku cepat-cepat pergi dari sini, eh?"
Aku terbahak mendengarnya. Aku rasa dirinya telah salah paham. Tapi biarlah, dengan begitu aku tak perlu susah payah memikirkan cara untuk membuatnya kesal. "Pergilah aku mau tidur." Ujarku.
Namun ia tak juga bergeming dari duduknya dan justru menarikku kembali kepelukannya. 
"Tidurlah, aku temani" sebenarnya apa yang ia katakan. Haruskah aku mencerna dan menganggap serius perkataannya tadi itu. Mungkin sekali saja, untuk malam ini saja biarkan aku menghilangkan ego ku untuk sementara.

2 komentar:

Tolong berkomentar yang baik dan sopan ya, readers! juga centang kolom 'Notify me' sebelum publish komentar untuk mendapat notif balasan.
^^