Jumat, 17 April 2020

[TUGAS] Resume Media Transmisi

Media Transmisi 

Adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), 
karena jarak yang jauh, maka data lebih dulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah 
yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.


Fungsi

Menghubungkan masing-masing perangkat sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat saling terhubung. Media transmisi dalam jaringan ada 2 macam yaitu :

  • media transmisi menggunakan kabel
  • media transmisi tanpa kabel.

Macam-macam media transmisi jaringan

  • Media Transmisi Guided (Wired Network)

Guided media menyediakan jalur transmisi sinyal yang terbatas secara fisik, meliputi twisted-pair cable, coaxial cable (kabel koaksial) dan fiber-optic cable (kabel serat optik). Sinyal yang melewati media-media tersebut diarahkan dan dibatasi oleh batas fisik media. Twisted-pair dan coaxial cable menggunakan konduktor logam yang menerima dan mentransmisikan sinyal dalam bentuk aliran listrik. Optical fiber/serat optik menerima dan mentransmisikan sinyal data dalam bentuk cahaya.Jaringan kabel ini biasanya digunakan dalam area lokal, misalnya untuk membangun jaringan di laboratorium komputer, membuat jaringan komputer di sekolah dan membuat jaringan lan di kantor. 

  •  Media Transmisi Unguided (Wireless Network)

Media unguided mentransmisikan gelombang electromagnetic tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel atau serat optik. Contoh sederhana adalah gelombang radio seperti microwave, wireless mobile dan lain sebagainya. Media ini memerlukan antena untuk transmisi dan penerimaan (transmiter dan receiver). Ada dua jenis transmisi, Point-to-point (unidirectional) yaitu dimana pancaran terfokus pada satu sasaran. Broadcast (omnidirectioanl) yaitu dimana sinyal terpancar ke segala arah dan dapat diterima oleh banyak antena.
Jaringan Nirkabel atau dikenal dengan nama Wireless , merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Data-data digital yang dikirim melalui wireless akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik tersebut.
Kelebihan :
  • dapat mengakses setiap saat di manapun berada

Kekurangan :
  • kemampuan transfer data lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel




Daftar Pustaka :

Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Media Transmisi Jaringan

Definisi Media Transmisi

Media Transmisi pada Jaringan Komputer



1 komentar:

Tolong berkomentar yang baik dan sopan ya, readers! juga centang kolom 'Notify me' sebelum publish komentar untuk mendapat notif balasan.
^^