Rabu, 04 September 2019

TENTANG HATI DAN JATUH

Cinta itu fitrah. Pada hakikatnya ingin terbalas. Aku pernah mengenal cinta lantas jatuh, begitu juga kamu, dia, dan sebagian dari mereka yang ada di muka bumi. Allah tidak semata-mata membuat seseorang jatuh tanpa alasan. Alasannya dia sayang kita.

Sudah berapa kali kamu jatuh cinta? tidak selalu bahagia bukan? aku tahu. Kita semua tahu. Ibuku bilang, jatuh cinta juga merupakan bentuk pendewasaan diri, agar aku belajar memahami dua sudut pandang yang berbeda dan tahu cara menyikapi sesuatu. Untuk sakit hati yang pertama, aku diajarkan untuk membuka mata lebar-lebar. Khususnya pada kasus dimana tidak semua keinginan yang aku damba bisa berjalan sesuai keinginan. Kenyataan memang pahit, tapi pura-pura tidak melihat dan melanjutkan perjalanan adalah kebodohan.

Dan untuk sakit hati yang kedua, aku dikenalkan dengan sakitnya rasa yang semu. Dan karena itu, aku tahu bagaimana cara berharap yang benar. Tidak lagi pada manusia melainkan pada pencipta manusia itu sendiri. Allah.

Lalu sakit hati yang ketiga, disini aku dipertemukan dengan sebuah kehilangan. Awalnya tidak percaya, bayang-bayang kejadian hari itu masih tersimpan nyata. Sampai lagi-lagi aku diseret ke kejadian yang pertama. Pelajaran paling dasar, buka mata lebar-lebar dan lihat apa hikmah kedepannya.

Setelah melalui itu semua aku kira aku tidak akan lagi merasakannya. Dan disaat aku merasakannya lagi pasti aku sudah hancur untuk kesekian kali. Aku sudah tidak punya rasa. Dan aku tidak mau lagi merasakan cinta terlalu cepat, malas untuk jatuhnya. Dan benar saja, aku sembuh.

Aku mulai menyusun rencana dan harapan kedepannya untuk si hati. Sampai aku memutuskan untuk tidak menggunakan hati disetiap pertemuan dengan siapapun. Selain dengan lawan jenis, aku juga lelah dengan semua hubungan pertemanan yang aku rasa selalu berat sebelah. Membuatku mau tak mau menjadi apatis dalam menyikapi sesuatu.

Benar, sosok keras tercipta dari si lunak yang selalu di tekan. Tapi ternyata aku salah, Allah membalikkan hatiku dengan sekejap. Melenyapkan semua rencana yang aku susun dengan penuh perhitungan. Allahu akbar...

Aku dipertemukan dengan hubungan yang selama ini aku damba. Pertemanan. Awalnya masih dengan sikap apatis, lambat laun menjadi luluh. Aku senang, Allah memberiku teman yang insya allah tulus. Aamiin.

Semua berjalan mulus. Sampai... Allah kembali mengujiku. Dia mendatangkan kamu. Aku selalu menepis, tidak ingin merasakan sakit untuk yang kesekian kalinya. Dan aku terkejut, ternyata Allah masih ingin memberi pelajaran paling indah padaku disaat semua sedang diatas awan. Aku memang jatuh. Bayangkan, untuk kesekian kalinya terluka, aku kira kali ini berbeda. Karena hati yang sudah lama tidak tersentuh bisa merasakan debaran lagi. Hingga akhirnya kembali tak berdebar.

Allah ingin aku bertemu dengan ikhlas, tawadu, dan tegar. Tentu saja lebih kompleks dari yang sebelumnya. Dan bukankah semakin tinggi pohon maka semakin kencang pula angin yang berhembus? begitulah Allah menyayangi hambanya, dengan menaruh cemburu lantas membuat hambanya untuk kembali kepadanya.

Allah baik, Allah sayang padaku, padamu, dan juga mereka yang mau membuka pikiran dari sisi yang paling baik, sisi pandang Allah yang menyayangi kita. Allah hanya tidak ingin sesuatu yang amat sangat berharga diambil dengan mudah. Dia ingin mempertemukan aku dengan orang yang benar-benar pantas menurutnya. Husnudzan selalu pada Allah. Jika patah hati, ingat Allah. Kalau bisa, sebelum memulai sesuatu ingat dulu sang pencipta. Pikirkan, yang kita lakukan akan mendapat ridha darinya atau tidak.

Wassalamu'alaikum...

6 komentar:

  1. Aku pernah mengalami hal yang sama

    BalasHapus
  2. wah benarkah? hm... apa tulisanku mewakili perasaan kamu? hehe

    BalasHapus
  3. Iya mewakili bngt. Sering2 post gini ya haha

    BalasHapus
  4. waah alhamdulillah kalo gitu. semoga udh gk sedih lg ya hehehe

    BalasHapus
  5. Aku sbnrnya udh gk terlalu sedih lg. Cuma ya gitu, kadang masih pengen nyari kata2 yang aku banget hadeuh

    BalasHapus
  6. hahaha okeoke. makasih udh mampir ya

    BalasHapus

Tolong berkomentar yang baik dan sopan ya, readers! juga centang kolom 'Notify me' sebelum publish komentar untuk mendapat notif balasan.
^^