Sabtu, 18 April 2020

Cara Membuat Link di Blog Dengan Mudah dan Singkat

Pernah tidak, kalian melihat artikel yang didalamnya terdapat link? link itu ketika di klik akan membawa kita langsung ke halaman yang lain. Itu biasa disebut backlink.

Dalam kasus yang aku ambil sekarang, aku ingin membuat link untuk daftar pustaka. Agar orang yang ingin mengunjungi link itu tidak perlu repot menyalin link melainkan langsung klik saja.

Ini adalah contoh konten yang menaruh link didalamnya :



Tidak seperti Facebook yang akan langsung mengaktifkan link ketika kita menuliskannya di kolom status, website (khususnya blogger) memiliki cara yang berbeda. Mari kita mulai!

Pertama, buka blog kalian dan mulailah menulis konten atau materi.

Kedua, setelah menulis materi, tulis kalimat seperti apa yang ingin kalian jadikan link. Kalimat bisa berisi judul artikel yang ingin kalian jadikan link, atau kalimat kalian sendiri. Bebas. Untuk kasus ini aku menuliskan judul artikel yang ingin aku jadikan link.



Itu adalah kalimat atau judul yang nantinya akan dijadikan link.

Ketiga, jika sudah menuliskan kalimat untuk link, buka artikel yang kalian jadikan referensi untuk daftar pustaka. Diatas, aku menambahkan tiga daftar pustaka, itu artinya ada tiga artikel yang aku jadikan referensi. Satu artikel, satu kalimat. Kita mulai dengan baris pertama : "Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Media Transmisi Jaringan"

Blok lebih dulu kalimat yang dipilih.


Setelah di blok, klik tools link dibagian menu atas. Maka tampilan akan seperti ini :

Lalu kalian masukan link yang sudah kalian jadikan referensi, atau link halaman yang ingin kalian simpan di postingan kalian. Jika sudah dan berhasil, tampilan kalimat yang sudah diisi link akan berubah warna menjadi ungu seperti ini :



ulangi langkah-langkah tadi ke semua kalimat atau judul yang akan diisi link. Lalu klik Publikasikan jika sudah selesai. 

Terakhir, cek postingan kalian dengan kelik Lihat blog di ujung kiri atas blog. 

Maka sekarang daftar pustaka yang kalian tulis sudah bisa mengarahkan kalian ke halaman yang kalian jadikan referensi.

Selamat mencobaaaa... semoga berhasil. 

0 comments:

Posting Komentar

Tolong berkomentar yang baik dan sopan ya, readers! juga centang kolom 'Notify me' sebelum publish komentar untuk mendapat notif balasan.
^^