Rabu, 08 April 2020

Langkah Bahagia Membuat Blog Gratis

Hai Readers, Assalamualaikum. Kali ini aku tidak akan membahas tentang buku atau novel atau sejenisnya, karena kali ini aku ingin membuat sedikit tutorial untuk kalian yang ingin mencoba membuat blog.

Ah iya, tutorial ini aku dedikasikan untuk teman-temanku yang akan mengerjakan tugas Jaringan Komputer. Semangat kaliaaaannn!!! >O<

Oke, abaikan definisi blog. Kalian bisa mencarinya sendiri di situs lain. Mari fokus untuk membuat blog.

PERHATIAN : Jika gambar blur, klik untuk memperjelas. Diharapkan membaca tutorial ini sambil praktek.


1. Hal yang pertama harus kalian lakukan adalah mencari situs penyedia blog gratis terlebih dulu. Ketik “Blogger” dalam pencarian seperti dibawah ini. Atau ketik link ini www.blogger.com








2.  Langkah kedua kalian akan disuruh memasukan alamat email kalian. Alamat email disini bertujuan untuk mengirimimu pemberitahuan dan juga akses masuk ke blog nantinya. Isi pakai email sendiri, ya. Jangan punya orang lain. Gak baik.







3.  Nah, ini dia! Kalian sudah masuk ke blogger. Sebelum masuk, kalian wajib mengisi judul, alamat, juga memilih tema yang nanti akan menjadi tampilan depan blog kalian. Untuk tema, pilih yang paling kalian suka, ya!

Note : Dalam kolom judul, kalian isi dengan nama yang sudah kalian tentukan sebelumnya. Karena aku sedang membuat blog tentang Jaringan Komputer, jadi aku memberi nama blog ini JKRizki. Lumayan unik, kan? Haha! (aku tahu ini tidak lucu) pokoknya, untuk judul itu terserah kalian. Bebas tanpa sangsi dan denda. Asal sopan. Begitu juga alamat, aku menyerahkan semuanya pada kalian.

Tips : menurut pengalamanku, pengisian alamat tidak selamanya berjalan mulus. Ada kalanya alamat yang kita buat itu di tolak. Alasannya sudah ada yang punya (gausah baper) atau kurang unik. Ya! Membuat alamat memang harus unik.

Tapi jika kalian mengisinya dengan alamat standar saja sudah diterima, itu artinya nasib kalian baik. TAPI JIKA TIDAK, aku mau kasih sedikit trik.

Caranya, kalian isi dengan huruf yang sulit dibaca atau aneh dibaca ketika disatukan. Kalian juga bisa menambahkan angka. Contoh : news1komputer.blogspot.com , jaringanskomputer.blogspot.com
Intinya, beri satu atau dua huruf di pertengahan kata agar sedikit unik. Atau kalian mau pakai nama juga boleh. 

Contoh : rizkissfauziah.blogspot.com  , yesisssulastri.blogspot.com , liassnurjanah.blogspot.com , ada dua huruf sebagai penengah kan? Jika di pisah jadi seperti ini : rizki ss fauziah. Semoga bisa membantu.

Kenapa harus ada .blogspot.com ? kenapa tidak langsung .com atau .id saja? karena ini gratis. Jadi harus menuliskan merek situs pembuatnya.
Jika sudah semua, klik “Buat Blog”




4. Nah, kalau kalian gak berniat beli domain (.com , .id , dll) dan milih pakai .blogspot.com saja, kalian bisa abaikan ini. Klik lain kali.




5.  Nah ini diaaaa! Sudah jadi, tapi masih kosong. Mari kita isi. Klik “Entri Baru”




6.  Tampilannya hampir mirip dengan microsoft word, fungsi tools-nya juga sama. Disini, kalian bisa mulai menulis. Tapi saranku jika ingin lebih hemat kuota (buat yang pakai kuota) lebih baik kalian tulis dulu materinya di microsoft, baru kalian salin kesini. Tapi ingat, kalian perlu enter dua kali jika ingin membuat paragraf baru. Karena jika tidak, saat di salin ke halaman kosong di blog ini, semuanya akan menyatu tanpa ada garis baru. Horror!




 7.  Setelah selesai dengan materi, jangan lupa isi judul postingan sesuai dengan kebutuhan. Aku beri contoh seperti ini, ya.
Untuk memudahkan ketika mencari artikel kalian nanti, coba tulis artikel beserta labelnya. Label ini seperti kategori sebuah genre. Karena postinganku tentang jaringan komputer, aku beli label Jaringan Komputer juga. Tapi kalau tidak mau juga tida apa-apa.

Klik publikasikan jika sudah selesai.




1. 8.  Dan artikel pertama kalianpun siaaaap!




9.  Kalau sudah siap, inilah saatnya mengintip hasil akhir (senangnya) . Dan ini dia tampilan awal blogku. Tampilan awal tergantung dengan tema yang kalian pilih, ya. Semakin bagus semakin puas juga yang melihatnya.
1.     



1.       10. Setelah di klik, maka muncullah artikel yang sudah dibuat tadi. 




Bagaimana teman-teman, apa membantu?
Terima kasih sudah berkunjung, yaaaa... semoga kalian langsung lancar membuat blog dan tugasnya.
Tidak usah ragu jika ingin bertanya, kolom komentar tersedia dan terpantau selalu. Jadi akan dibalas dengan cepat.
Akhir kata, wassalamualaikum ^^








2 komentar:

Tolong berkomentar yang baik dan sopan ya, readers! juga centang kolom 'Notify me' sebelum publish komentar untuk mendapat notif balasan.
^^