Rabu, 25 April 2018

Q&A Bersama Penulis Wattpad Sekaligus Tips Saat Menulis


Sekarang ini sudah banyak orang yang berlomba-lomba untuk menerbitkan novelnya ke penerbit mayor, indie, maupun self publishing. Atau hanya menulis dan mempublikasikannya lewat media sosial atau situs kepenulisan lainnya. Salah satunya Kak Aydahana yang memulai karirnya sebagai penulis novel di Wattpad.

Wattpad sendiri merupakan komunitas online bagi para penulis dan pembaca yang memiliki fungsi hampir sama dengan blogger. Untuk menulis atau sekedar membaca cerita pendek, puisi, artikel sampai novel, kalian bisa membuat akun gratis disana. Tapi bagi kalian yang tidak berniat membuat akun, bisa langsung mengunjungi wattpad versi mobilenya di m.wattpad.com

Kak Aydahana sendiri adalah penulis yang tidak bisa di ragukan lagi kemampuannya. Itu terbukti dari karyanya yang sudah mencapai empat belas novel keren yang sudah dibaca jutaan kali dan dengan pengikut mencapai 25,7K. Jumlah yang sangat banyak, ya.

Namun meskipun begitu, beliau tetap rendah hati dan ramah kepada penulis maupun pembaca yang baru mengenal dunia kepenulisan. Bahkan aku sendiri merupakan salah satu penggemarnya yang merasa beruntung karena mendapat tanggapan baik dari Kak Aydahana. Dan aku yakin, masih banyak penggemar lainnya yang mendapat tanggapan baik dari beliau mengingat sikapnya yang ramah serta rendah hati.

Berawal dari pesan singkat yang aku kirim melalui wattpad untuk meminta persetujuan wawancara sampai berlanjut bertukar nomor whatsapp, beliau menanggapinya dengan ramah dan menyetujui untuk melakukan wawancara. Ini dia hasil wawancara bersama Kak Aydahana :


Q : Pertama tahu Wattpad dari siapa?

A : Pertama tahu Wattpad dikasih tahu adik.

Q : Kenapa Kakak pilih Wattpad?

A : Karena waktu itu sudah kehabisan bacaan gratis dari ngunduh di Google Play       (dulu banyak novel gratisan di Google Play)

Q : Cerita pertama yang Kakak buat apa?

A : Cerita pertama judulnya You Are Mine dengan kisah perjodohan yang sebenarnya banyak sekali tema serupa di Wattpad (tahun 2014)

Q : Apa kesulitannya? apa itu novel paling berat yang dibikin?

A : Justru itu paling mudah karena hanya ditulis tanpa riset apapun.

Q : Butuh berapa lama Kakak menyelesaikan novel?

A : Tergantung  tingkat kesulitan. Semakin rumit masalah dalam novel itu semakin lama dikerjakan. He Is My Husband (kisah thriler romance) pertamaku dikerjakan selama 8 bulan.

Q : Apa yang kakak rasain pas tau banyak yang suka cerita Kakak?

A :  Senang dong.

Q : Kan suka banyak yang pengen tanya tuh Kak, gimana sih biar ceritanya banyak yang vote atau lihat? 

A :  Tulislah novel kalian tanpa memikirkan vote atau view. Vote dan view itu bonus.

Q : Kita harus bergaul dengan penulis lain?

A : Kita harus bergaul dengan penulis lain.

Q : Kakak pernah gak dapet vote sama view kecil?

A : Pernah.

Q : Awal-awal Kakak nulis di Wattpad yang baca dikit atau langsung banyak? Terus apa yang Kakak lakuin buat ningkatin semua itu? 

A :  Pertama kali publish ngga langsung banyak tapi aku terus menulis karena menulis novel itu passion aku.

Q : Kak, ngatur waktu sehari-hari buat nulis itu susah gak sih? Terus cerita kayak apa yg Kakak suka? 

A : Aku suka cerita thriller/suspense romance.

Q : Tips dan nasehat buat pemula? 

A : Tulislah novelmu sebaik mungkin, belajar kepenulisan is a must dan riset supaya novel kalian semakin sempurna karena didukung fakta bukan rekaan semata.

Q : Menurut Kakak karya yang bagus itu yang kayak gimana?

A : Karya (novel) yang bagus adalah yang bikin aku mager (males gerak) kemana-mana kecuali sudah membacanya sampai tamat.



Nah itu dia wawancara singkat yang aku lakukan bersama Kak Aydahana, buat kalian yang mau berbincang langsung, bisa kunjungi lapaknya langsung di sini https://www.wattpad.com/search/aydahana 

Dan buat para penulis yang baru memulai karirnya seperti aku, jangan berkecil hati dan terus berusaha untuk melakukan yang terbaik. Karena penulis hebat sekalipun berawal dari bawah. Jadi buat kita yang masih dibawah masih banyak kesempatan untuk menuju puncak.

Jangan lupa untuk membaca karyanya serta vote, ya! sampai jumpa dilain waktu. Dan buat kalian yang ingin berbagi, sekedar reomendasi atau punya cerita yang ingin di publikasikan, bisa komentar di artikel ini atau melalui email ke rizkifauziah099@gmail.com maupun akun wattpadku https://www.wattpad.com/user/Poetess05






0 comments:

Posting Komentar

Tolong berkomentar yang baik dan sopan ya, readers! juga centang kolom 'Notify me' sebelum publish komentar untuk mendapat notif balasan.
^^